cara membuat laporan makalah yang baik

Standar

CONTOH CARA MENULIS MAKALAH DAN LAPORAN

 

Menulis makalah dan laporan mengajak Anda dalam menggunakan proses pencarian, integrasi dan pengorganisasian informasi dan ilmu pengetahuan yang relevan dengan mata kuliah yang dipelajari.

 

Makalah dan laporan Anda merefleksikan bagaimana Anda melalui proses penulisan ini. Penulisan ini sering digunakan untuk menilai hasil pelaksanaan mata kuliah Anda. Untuk mendapatkan manfaat dari penulisan makalah atau laporan yang Anda buat dan mendapat nilai baik dari mata kuliah Anda, Anda seharusnya menguasai proses penulisan dan keterampilan yang mendukung pro duksi/pembuatan makalah dan laporan.

 

Karakteristik Makalah Yang Baik

 

Suatu makalah tidak hanya menjelaskan dan mendiskusikan secara mendalam topiknya, tetapi juga menunjukkan usaha dan keterampilan yang Anda miliki dalam mengumpulkan, memilih dan mengorganisasikan informasi dan bahasa secara tepat dalam makalah. Jika makalah Anda baik, itu menunjukkan usaha dan pengetahuan Anda sudah cukup tinggi menurut standar akademik.

 

Syarat menulis makalah yang baik sebagai berikut ini.

  1. Fokus pada topik (judul) yang telah Anda pilih

  2. Mencerminkan secara kritis dan luas bacaan artikel, buku dan lainnya yang relevan.

  3. Menyajikan penjelasan yang masuk akal dan ilmiah.

  4. Menulis dengan gaya yang jelas.

  5. Menulis dengan bahasa benar dan tepat.

  6. Mencantumkan semua sumber informasi secara tepat (misalnya dalam prargraf/ bukan hanya pamer pustaka)

 

Contoh Makalah

 

Contoh Judul Makalah sebagai berikut ini.

  1. Seni Batik Pada Jaman Islam di Jawa

  2. Pengaruh Kepercayaan lama pada seni bangunan Minang

 

Bab I : Pendahuluan

Bab II : Pembahasan (diutamakan studi pustaka)

Bab III : Kesimpulan

Daftar Pustaka

Komponen Utama Makalah

 

Seperti kebanyakan format penulisan dokumen lain, makalah memiliki tiga komponen berbeda: bagian awal (pendahuluan), bagian tengah (isi makalah) dan bagian akhir (kesimpulan). Ada kalanya tiga komponen ini tidak secara eksplisit disebutkan, tetapi dapat diidentifikasikan melalui isi dan gaya penulisan.

 

1. Pendahuluan

 

Fungsi utama pendahuluan adalah untuk memberikan gambaran informasi dari makalah yang akan dibahas / didiskusikan.  Anda dapat menuliskan pendahuluan dalam satu atau beberapa paragraf. Pendahuluan berisi lima sampai lima belas persen dari total keseluruhan makalah. Pendahuluan harus mencakup beberapa hal sebagai berikut ini.

 

  • Memberikan penjelasan awal topik

  • Memberikan definisi istilah / kata kunci (keyword).

  • Menerangkan topik diskusi secara signifikan.

  • Bagaimana mengindentifikasikan topik diskusi.

  • Memberi batasan pendapat yang akan didiskusikan.

  • Tujuan / hasil yang diharapkan.

 

Contoh Pendahuluan dari contoh makalah dengan Judul : Seni Batik Pada Jaman Islam di Jawa

 

Latar Belakang

 

……. Keberadaan seni batik dalam zaman kini bisa dilihat sebagai industri kreatif, dan bisa juga dilihat sebagai media citra budaya bangsa

 

Beberapa kata kunci tulisan ini

………. zaman Islam, industri kreatif, seni dekoratif, aplikasi di          zaman moderen

 

Tujuan

 

Setelah mempelajari materi ini pembaca diharapkan: ………..

 

Batasan penulisan ini terbatas ………..

 

Batang Tubuh Makalah (Pokok Bahasan)

 

Batang tubuh makalah merupakan isi daripada makalah yang menjelaskan informasi detail dan pembentukkan pendapat tentang topik yang dibahas. Ketika membaca bagian ini, pembaca makalah akan dengan mudah menemukan informasi yang bermanfaat tentang pokok bahasan, dan meyakinkan bahwa sudut pandang yang anda berikan adalah benar. Batang tubuh makalah biasanya mengisi sebesar tujuh puluh sampai sembilan puluh persen (70% – 90%) dari total keseluruhan makalah tersebut.

Anda harus yakin bahwa batang tubuh / pokok bahasan makalah Anda dapat

Menyajikan informasi dan alasan-alasan (pendapat) dalam metode / cara yang saling mendukung dan logis.

Dukung pendapat / pokok bahasan Anda dengan literatur dan contoh-contoh.

 

Contoh Batang Tubuh dari contoh judul makalah Seni Batik Pada Jaman Islam di Jawa

 

Sejarah Sosial di Zaman Islam

 

Menurut .( si a, i b, si c ) ……. sejarah Islam adalah………. Sejarah sosial di jaman islam adalah…..

 

Tujuan Pembuatan Batik di Zaman Islam

 

Menurut ……pembuatan batik  di zaman Islam adalah …………. Jenis seni batik berkembang di, di keraton cirinya adalah………………, yg di masyarakat adalah………..

Bentuk motif hias batik di zaman Islam adalah

 

Kesimpulan

 

Dalam kesimpulan, makalah Anda harus menggambarkan pendapat / alasan utama Anda, dan buat pula sudut pandang / pandangan Anda yang telah Anda ajukan secara tegas. Ini memberikan pengertian yang lengkap pada makalah Anda.

Kesimpulan Anda harus mencakup:

Menyajikan kembali pendapat / alasan utama Anda atau mengingatkan pembaca akan bahasan Anda tentang (A<B<C)

 

Ringkasan pokok-pokok bahasan anda (A<B<C)

 

Jawaban atas pertanyaan-pertanyaan atau memberikan ulasan / bahasan makalah.

Materi atau gagasan baru biasanya tidak diperkenalkan dalam kesimpulan. Itu akan mengalihkan perhatian pembaca dan membuat pembaca merasa anda tidak kompeten terhadap informasi yang didiskusikan.

CONTOH CARA MENULIS MAKALAH DAN LAPORAN (BUKAN LAPORAN PENELITIAN)

(DAFTAR ISI)

 

DAFTAR ISI

 

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………………………….. i

HALAMAN PERSETUJUAN………………………………………………………………. ii

MOTTO DAN PERSEMBAHAN ………………………………………………………… iii

KATA PENGANTAR …………………………………………………………………………. iv

DAFTAR ISI ……………………………………………………………………………………….. v

 

BAB I     PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang………………………………………………………………… 1

1.2 Rumusan Masalah……………………………………………………………. 3

1.3 Tujuan…………………………………………………………………………….. 3

1.4 Manfaat………………………………………………………………………….. 3

1.5 Batasan Masalah………………………………………………………………. 3

 

BAB II   TINJAUAN PUSTAKA

 2.1 Wanagama………………………………………………………………………. 4

 2.2 Istanah Keraton……………………………………………………………….. 7

2.3 Gerabah Kasongan………………………………………………9

 

BAB III PEMBAHASAN

4.1 Pembahasan……………………………………………………12             

 

 BAB IV  PENUTUP/KESIMPULAN

4.1 Kesimpulan……………………………………………………………………. 14

4.2 Saran………………………………………………………………………………. 14

laporan makalah yang baik

DAFTAR BACAAN

LAMPIRAN

kumpulan materi pramuka

Standar

PRAMUKA PENGGALANG

 
Penggalang adalah sebuah golongan setelah pramuka Siaga . Anggota pramuka penggalang berusia dari 11-15 tahun. Disebut Pramuka Penggalang karena sesuai dengan kiasan pada masa penggalangan perjuangan bangsa Indonesia, yaitu ketika rakyat Indonesia menggalang dan mempersatukan dirinya untuk mencapai kemerdekaan dengan adanya peristiwa bersejarah yaitu konggres para pemuda Indonesia yang dikenal dengan ” Soempah Pemoeda” pada tahun 1928 .
Satuan Satuan terkecil dalam Pramuka Penggalang disebut Regu dan Kesatuan dari beberapa Regu disebut Pasukan. Setiap Regu beranggotakan 5-10 orang Pramuka Penggalang dan dipimpin oleh seorang Pemimpin regu ( Pinru ) yang dipilih oleh anggota regu itu sendiri. Masing-masing Pemimpin Regu ini nanti akan memilih satu orang dari mereka yang akan menjadi Pemimpin regu Utama yang disebut Pratama. Pasukan yang terdiri dari beberapa regu tersebut dipimpin oleh seorang Pratama.
Dalam Golongan Pramuka Penggalang ada tiga tingkatan, yaitu:
1.       Penggalang Ramu
2.       Penggalang Rakit
3.       Penggalang Terap
Setiap anggota Penggalang yang telah menyelesaikan SKU ( Syarat Kecakapan Umum ) berhak mengenakan TKU ( Tanda Kecakapan Umum ) sesuai tingkatannya yang dikenakan pada lengan baju sebelah kiri dibawah tanda barung berwarna dasar Merah. TKU untuk Penggalang berbentuk sebuah janur yang terlipat dua dengan gambar Manggar yakni nama bunga pohon kelapa.
 
Kode Kehormatan bagi Pramuka penggalang, terdiri atas:
1.        Janji yang disebut Trisatya, selengkapnya berbunyi:
Trisatya
Demi kehormatanku aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
–           Menjalankan kewajibanku terhadap Tuhan, Negara Kesatuan Republik Indonesia dan mengamalkan pancasila.
–           Menolong sesama hidup dan mempersiapkan diri membangun masyarakat.
–           Menepati Dasadarma.
2.        Ketentuan moral yang disebut Dasadarma, selengkapnya berbunyi:
Dasadarma
1.        Takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
2.        Cinta alam dan kasih sayang sesama manusia.
3.        Patriot yang sopan dan kesatria.
4.        Patuh dan suka bermusyawarah.
5.        Rela menolong dan tabah.
6.        Rajin, trampil dan gembira.
7.        Hemat, cermat dan bersahaja.
8.        Disiplin, berani dan setia.
9.        Bertanggungjawab dan dapat dipercaya.
10.     Suci dalam pikiran, perkataan dan perbuatan.

lebih lengkap klik disini

kata-kata lucu terbaik 2013

Standar

umpulan Kata Kata Lucu Terbaik Terbaru 2013

Ad
Lucu jadi sesuatu kata yang dapat berikan hiburan, layaknya kata kata lucu yang dapat admin naylacorp berikanlah saat ini. Kata lucu jadi perihal yang membahagiakan terutama untuk admin naylacorp sendiri. Dengan kata kata lucu dapat berikan satu hiburan yang baik untuk otak anda serta tertawa jadi di antara perihal yang berikan kesehatan pada diri kalian.

Lucu memanglah yaitu suatu hal kata yang memiliki makna tersendiri yang ada didalamnya, kita sebagai manusia pastinya sering alami tentang lucu dengan bermacam jenis kelucuan didalamnya. Tetapi tentang tersebut admin berikanlah di dalam bentuk bacaan atau teks yang bisa anda baca dengan seksama untuk menghibur diri sendiri ataupun bercanda gurau dengan teman, sahabat atau keluarga anda.

Kata Kata Lucu

Kumpulan Kata Kata Lucu Terbaik Terbaru 2013

satu hari seorang anak masih bertaya pada bapak nya.
anak : yah, apakah seorang bapak tentu lebih pandai dari pada anak nya ?.
bapak : ( dengan bangga ) ya pastilah.
anak : ohh.. jika gitu siapakah orang yg mendapatkan listrik ?.
bapak : pastilah edison.
anak : lantas kenapa bukan hanya bapak nya edison yg menemukannya.
bapak : %^&$%&%* ? ? ? ?

seorang pemuda mengirimi ayahnya sehelai pakaian hangat yang dibelinya seharga rp. 400. 000. agar ayahnya tidak ribut, karna ayahnya tidak senang menggunakan barang mahal, lantas dia menyebutkan harga pakaian itu cuma rp. 40. 000. seminggu sesudah itu ayahnya menelepon. bapak : wah luar biasa ! serunya, pakaian itu berhasil kujual rp. 60. 000. ini bisnis besar, cepat kirim selusin lagi. anak : !@#$%( nelen hp )

pada satu malam ada dua orang pemuda bersua di dalam jalur….
pemuda 1 : loh, kok kamu bawa monyet ? !
pemuda 2 : maaf mas, saya bawa kambing bukan hanya monyet ! ? ( kesel )
pemuda 1 : gua tidak nanyo loe cok ! gua tanya kambing loe !
pemuda 2 : %#§&@… # ngelempar kambing..

nyak : sep, lu kagak jadi teraweh.
asep : tidak nyak aye takut soal nya aye bawa hp.
nyak : loh memang ngapa jika lu bawa hp ?.
asep : soalnya sebelum saat sholat imam nya ngomog : yang bawa hp dimatiin aje !
nyak : *@&+ ?₹ ;$¥ ? ?

nenek : cu, bilangin pak lurah. nenek telah sehat, jadi tidak butuh ngejenguk nenek.
cucu : telah nek.
nenek : pinter cucu nenek. memang kamu bilangnya bagaimana ?.
cucu : saya sebut gini : pak lurah tahlilan nanti malem tidak jadi.
nenek : *kejang2*

seorang sopir pribadi sesuatu keluarga memiliki rutinitas unik. dia kerap “bercinta” dengan pacarnya yang pembantu, si inem, yang pelayan seksi, di kolong mobil majikannya yang senantiasa diparkir di samping tempat tinggal.
satu malam, layaknya biasa, dia masih asyik indehoy dengan sang pembantu di kolong mobil. baru 15 menit dia “kerja bakti”, ada orang yang menendang kakinya sembari berteriak,
“parman, masih apa kamu di situ ?”
si sopir yang bernama parman telah hafal benar itu nada majikan perempuannya. dgn cuek dan mata terus terpejam si parman menyahut,
“sedang betulin mobil, nya”
sekali lagi parman ditendang kakinya, “apa ? masih apa kamu !”
“ya ampun, nya ! saya lagi betulin mobil !” jawab parman terus konsen dengan kegiatannya.
namun lagi-lagi parman ditendang kakinya. kali ini sedikit lebih keras. “kamu sebut lagi ngapain kamu ! ?”
“astaga, nyonya ! saya lagi betulin mobil ! ! !” parman menyahut lebih keras tidak mau kalah.
kata nyonya, “betulin mobil yang mana ? orang mobilnya telah dibawa ama ayah 5 menit yang lalu….. !”

satu hari bejo hendak buat surat lamaran kerja, karna ngerasa tulisanya kurang bagus lantas dia nyuruh si inem tetangga rumahnya.
bejo : nem tolong tulisin lamaran kerja dong buat gw ?
inem : yaeelah.. segitu saja g dapat, mana kertasnya ?
bejo : nich, yang bagus yah tulisanya ?
irma : nama tulis disini ?
bejo : iya… ! !
inem : alamatnya juga ?
bejo : haruus lahh.
inem : no hp nya tulis juga ?…
bejo : iya dong… ! !
inem : type kelaminya tulis tidak ?
bejo : janganlah, di gambar saja yah.
irma : buseet dah gw g dapat, lu saja yg gambar.
bejo : giman jikalau di jiplak saja.
inem : g usah, besok saja di photo koppy dulu, trus di laminating yach.. ! !
bejo : langsung kejang-kejang trus pingsang.

Sedikit saran bikin kalian, jangan sampai membaca kata kata lucu ini di area umum, atau area area yang rame, karena efek dari membaca kata kata lucu ini anda dapat lantas layaknya orang gila yang suka senyum sendiri terkadang juga tertawa tertawa tidak jelas gitu dech. Semoga info ini dapat bermanfaat serta berguna terutama untuk anda yang senang dengan lucu-lucuan yang dapat beri kesegaran otak atau pikiran anda

ciri ciri mahasiswa bermoral

Standar

CIRI-CIRI MAHASISWA YANG BERMORAL


 Moral adalah satu elemen penting dalam kehidupan manusia yang selalu di perkatakan orang tetapi tidak ramai yang bersedia mempraktikkannya secara konsisten. Ini ialah kerana perlaksanannya memerlukan satu bentuk hubungan diantara insan dan Penciptanya iaitu Allah SWT sehingga dia merasakan kehadiranNya setiap masa dan keyakinan kepada hari Akhirat(the day of Judgment). Moral atau akhlak dalam peribadi kita lebih penting daripada reputasi kita. Reputasi adalah pendapat orang lain terhadap kita tetapi peribadi kita adalah siapa kita yang sebenarnya. Bertol menyebut `Character is a diamond that scratches every other stone’

Moral boleh di takrfikan sebagai sikap, perbuatan dan percakapan baik yang merupakan terjemahan daripada pandangan dan keyakinan sesuatu masyarakat atau individu mengenai perkara-perkara asas dalam kehidupan yang di perolehi samada daripada sumber keagamaan atau pengamatan atau pengalaman atau eksperimen.

Adakalanya sesuatu perbuatan itu di terima oleh masyarakat tetapi di tolek oleh agama. Umapamanya, Masyarakat barat boleh menerima kewujudan golongan gay dan homoseksual tetapi dalam agama Islam dan Kristian, perbuatan ini adalah di larang sebagaimana yang di paparkan dalam AL-Quran mengenai kaum Nabi Lut yang terlibat dalam hubungan sesama jenis dan akhirnya Allah SWT menurunkan azab kepada mereka. Begitu juga masyarakat barat boleh menerima perhubungan bebas di antara lelaki dan wanita tetapi agama melarangnya. Rasionanya amatlaj jelas sekiranya kita mengkaji dan menganalisa statistik terkini yang menunjukkan kes-kes AIDS, penceraian, kes penyakit kelamin yang lain, kes kelahiran anak luar nikah yang semakin meningkat dimana-mana negara atau masyarakat yang membenarkan perhubungan bebas antara lelaki dan wanita tanpa batas.

Untuk membentuk mahasiswa yang bermoral memerlukan tiga perkara utama iaitu pensyarah atau guru yang bermoral, program yang bersepadu serta suasana persekitaran yang kondusif untuk pembinaan mahasiswa yang bermoral. Penjelasan mengenai ketiga-tiga syarat utama ini akan dibuat dalam isu akan datang sekiranya ada kesempatan.

Ketika ini kita dapati para remaja dan belia termasuk mahasiswa/i di IPT tempatan khususnya semakin sedar akan pentingnya nilai-nilai moral dan akhlak dalam kehidupan mereka. Kita dapati kebanyakan pelajar-pelajar yang bermoral ini lebih disiplin, bertanggungjawab, tidak membuang masa dengan percakapan dan perbuatan yang tidak berfaedah dan mempunyai sikap yang proaktif dalam pelajaran mereka kerana agama mereka mengajar mereka bahawa mencari ilmu pengetahuan, membaca dan mencapai kecemerlangan adalah satu kewajiapan yang tidak boleh di abaikan. Umpamanya dalam agama Islam, ayat yang pertama turun kepada Nabi Muhammad s.a.w bermula dengan perkataan `iqra’ atau bacalah. Ini menunjukkan betapa agama Islam memberi penilaian yang tinggi terhadap ilmu pengetahuan dan pembacaan.

Sejarah Islam mempamirkan bagaimana bangsa Arab yang berpecah belah, jahil(ignorant) dan tidak bertamadun dan hampir hancur di abad ke 6, bangkit setelah menerima Islam dan berjaya menguasai kesemua bidang ilmu pengetahuan ketika bangsa Eropah tenggelam dalam kegelapan(the Dark Ages of Europe). Oleh kerana itu masyarakat barat mengambil inisiatif untuk menterjemahkan buku-buku tulisan sarjana-sarjana Islam tersebut untuk di manfaatkan oleh mereka sehingga mereka mampu bangkit semula daripada kemunduran merek sebagaimana yang kita ketahui lahirnya zaman Renaissance.

Apakah ciri-ciri mahasisa/I yang bermoral?

Pertama, mahasiswa/I yang bermoral harus berpegang teguh kepada Islam yang di turunkan oleh Allah SWT. Ini ialah kerana dengan melaksanakan kewajipan agama(religious responsibilities) dan mengingati Pencipta mereka iaitu Allah SWT dalam hidup mereka setiap hari mereka akan sedia upaya mentaati apa yang di suruh dan manjauhi apa yang di larang oleh agama. Dengan cara ini akan memudahkan mereka menghayati dan melaksanakan sikap, perbuatan dan perkataan yang baik sebagaimana yang di ajar oleh agama mereka. Bad habits atau kebiasaan yang buruk seperti berbohong, tidak amanah, memperkecilkan sumbangan orang lain, merasakan dirinya hebat atau riya’, menfitnah dan memburukkan orang lain tidak adil dalam membuat keputusan, sombong, mempermainkan kelemahan orang lain, mementingkan diri sendiri dan sebagainya akan di jauhi sebagaimana yang di kehendaki oleh agama. Hari ini kita lihat bagaimana kebiasaan yang buruk atau bad habits ini merosakkan masayarakat dan organisasi dan ramai manusia menghadapi kesengsaraan dan kerugiaan. Oleh itu mahasiswa/I haruslah mulai daripada sekarang membiasakan diri dengan sikap, percakapan dan perbuatan yang baik dan menjauhkan diri daripada kebiasaan dan perkara yang terlarang agar mereka mampu memberi sumbangan yang positif dan konstruktif dalam masyarakat dan organisasi di mana mereka berada. Rasulullah s.a.w bersabda `Aku tinggalkan kamu dua perkara, sekiranya kamu berpegang kepada kedua-duanya kamu tidak akan sesat selama-lamanya iaitu Al0Quran dan Sunnah Nabi. Oleh itu sebagai Muslim kita haruslah sentiasa membaca Al-Quran dan Hadis Nabi agar kita tahu apa yang di perintahkan kepada kita oleh Allah SWT dan berusaha untuk melaksanakannya.

Kedua ialah mentaati dan menghargai kedua ibubapa mereka. Mahasiswa/I yang bermoral tidak harus melupakan jasa dan pengorbanan ibubapa mereka yang telah membesarkan mereka sehingga mereka berjaya menjejak kaki ke menara gading. Mentaati ibubapa juga merupakan salah satu daripada kewajipan agama. Mahasiswa/i haruslah membuktikan kepada ibubapa mereka bahawa segala pengorbanan dan jasa yang telah mereka curahkan bukanlah satu yang sia-sia dengan memastikan kejayaan cemerlang dalam pelajaran mereka serta tidak melakukan perbuatan yang boleh memalukan keluarga mereka. Jauhkanlah diri daripada lembah kehinaan agar kita tidak menyesal di kemudian hari. Pengamatan saya menunjukkan begitu ramai pelajar-pelajar IPT luar dan dalam negeri yang terjerabak dalam perkara-perkara yang merosakkan dirinya, akhirnya mengalami kekecewaan dan gagal dalam pelajaran mereka. Ibubapa mereka juga kecewa dan malu kerana perbuatan anak-anak mereka itu.

Ketiga ialah mampu mengawal nafsu. Nafsu sentiasa mendorong kita kepada perkara-perkara yang tidak baik sekiranya tidak di kawal. Keadah yang betul untuk mengawalnya ialah melalui penghayatan ajaran agama Islam, mendekatkan hubungan kita dengan Maha Pencipta kita dan menanam perasaan malu dalam diri kita-malu kepada Maha Pencipta, ibubapa, rakan dan pensyarah kita. Manusia terdiri daripada jasad dan ruh. Untuk mampu mengawal nafsu, ruh manusia haruslah di berikan pengisian yang sewajarnya agar sikap, percakapan dan perbuatannya tidak bercanggah dengan norma-norma dan prinsip-prinsip yang di tentukan oleh agama dan masyarakat. Untuk menguatkan ruh ini, manusia haruslah sentiasa mengingati Penciptanya, membaca dan memahami Al_Quran(bagi orang Islam), melakukan perkara-perkara yang baik dan menjauhi segala yang di larang. Mementingkan dunia semata-mata dan melupakan hari akhirat boleh merosakkan ruh kita. `Allah berfirman `Tidakkah kamu perhatikan orang yang menjadikan hawa nafsunya sebagai tuhan mereka? Kita haruslah sentiasa berzikir dan mengingati Allah SWT setiap masa dan merasa takut akan siksaan Allah SWT di hari akhirat nanti.

Keempat, mahasiswa yang bermoral ialah mahasiswa yang sentiasa menghiasi dirinya dengan sikap, percakapan dan perbuatan yang baik samada dalam hubunganya dengan Penciptanya, dengan ibubapanya, dengan pensyarahnya, dengan rakannya atau dengan orang lain yang di perkenalkan kepadanya. Kita dapati orang yang mempunyai sikap, percakapan dan perbuatan yang baik akan di hormati dan di sayangi oleh orang lain. Dia menjadi contoh dan inspirasi kepada orang lain dalam menjalani kehidupan ini yang penuh dengan onak dan duri sehingga dia mampu secara tidak langsung menjadi kaunselor kepada rakan-rakan nya yang bertemu dengannya dan membantu menyelesaikan masalah mereka. Mereka berkewajipan menjadikan Rasulullah sebagai contoh tauladan dalam hidup mereka sebagaimana yang di sebut dalam Al-Quran

`Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagi my aitu bagi orang yang mengharapkan(rahmat) Allah dan (kedatangan) hari akhirat dan dia banyak menyebut Allah(Surah Al-Ahzab, 21)

Kelima, mahasiswa yang bermoral ialah mahasiswa yang tegas dengan prinsipnya dan tidak bersedia untuk menggadaikan prinsipnya untuk kepentingan dirinya atau orang lain, atau memenuhi kehendak nafsunya. Malah dia sentiasa menjaga amanah dan tidak mahu menipu atau berbohong semata-mata untuk lulus dalam peperiksaannya. Kejayaannya adalah hasil usahanya dan bukan daripada titik peluh orang lain atau dengan meniru dalam peperiksaan kerana dia adalah manusia yang berprinsip. Dia mahu orang menghormatinya bukan kerana kejayaan dalam peperiksaanya yang di perolehi melalui kaedah yang tidak bermoral tetapi kerana berpegang teguh kepada prinsip-prinsip agama Islam yang telah di hayatinya sekian lama.

Mungkin manusia sekelilingnya akan menolaknya kerana sikap tegasnya tetapi lama kelamaan melalui perjalanan masa dan pengalaman, sikapnya akan di terima oleh masyarakat dan menjadi asas kepada pembentukan masyarakat yang bermoral. Hanya dengan cara ini, masyarakat dan organisasi yang dia berada akan mencapai matlamat unggul yang di gariskan oleh pimpinannya.

Pengalaman dan pengamatan membuktikan suatu masyarakat dan organisasi tidak dapat berfungsi dengan betul dan tidak akan bertahan lama sekiranya kebiasaan yang buruk(bad habits) di amalkan oleh anggota-anggotanya dan tidak ada usaha untuk membasmikannya. Sebenarnya tidaklah rugi menjadi orang yang berprinsip. Selain daripada untuk mencapai kebahagiaan hidup di akhirat, orang yang berprinsip ini biasanya di cari oleh organisasi yang agresif dalam mendapatkan keuntungan dan berorentasikan komersial. Statistik menunjukkan kerugian wang dan kos yang begitu tinggi yang terpaksa di tanggung oleh syarikat-syarikat di Malaysia kerana menghadapi masalah jenayah perdagangan dan pembaziran. Dahulunya, orang yang di tawarkan untuk bekerja dalam suatu organisasi adalah berdasarkan kepada pencapaian akademik semata-semata tetapi hari ini orang yang terbukti mempunyai rekod kerja yang mempamirkan sikap amanah, berprinsip dan mempunyai personaliti yang baik menjadi rebutan majikan-majikan.

Keenam, mahasiswa yang bermoral ialah mahasiswa/I yang tidak menjalankan aktiviti yang bertentangan dengan agama Islam . Mereka haruslah memikirkan, melibatkan diri dan melaksanakan aktiviti yang mampu meningkatkan 4 perkara iaitu minda, spiritual, fizikal dan emosi mereka agar mereka menjadi insan yang seimbang. Aktiviti yang boleh memudharatkan 4 perkara ini haruslah di jauhi kerana ia di anggap merosakkan seseorang insan itu dan juga orang lain dan tergolong dalam perkara-perkara yang tidak bermoral. Kita juga tidak harus bersubahat dalam aktiviti-aktviiti ini. Apa yang kita harus lakukan ialah memastikan wujudnya suasana yang kondusif untuk membentuk mahasiswa/ yang bermoral melalui aktiviti-aktiviti yang terancang dan bermoral. Aktiviti yang tidak bermoral sudah tentu mempengaruhi mahasiwa/I kepada sikap, perbuatan dan percakapan yang tidak bermoral juga. Mahasiswa/I boleh memikirkan, merancang dan melaksanakan pelbagai aktviti seperti menganjurkan seminar, forum, bengkel, diskusi untuk mencetus ide-die membentuk dan meningkatkan tahap pemikiran dan minda mahasiswa/i. Begitu juga kem-kem kepimpinan, aktiviti kerohanian, jungle trekking, kaunseling, lawatan-lawatan, riadhah asalkan ia tidak di campuri dengan unsur-unsur yang bercanggah dengan agama bagi memastikan matlamat setiap program ini tercapai.

Apa yang perlu bagi seseorang mahasiswa yang mahu menjadi mahasiswa yang bermoral dan berakhlak ialah dengan memulakan perubahan daripada dalam dirinya.

Walaubagaimanapun perlaksanan peraturan-peraturan universiti amatlah perlu untuk menghalang pengaruh yang tidak baik daripada berleluasa. Perlaksanaan peraturan-peraturan harus di sertai dengan kesedaran dari dalam diri setiap mahasiswa agar perubahan yang berterusan kepada kebaikan dan tidak hanya bersifat sementara dapat di lakukan.

 

Sebab itu pakar atau `guru’ pengurusan, Dr Stephen Covey menekankan pentingnya `the change must come from within’ dan pengurus serta pemimpin yang `principle-centred’.

Kita mahu mahasiswa yang memperolehi kecemerlangan akademik dan di waktu yang sama tegas dalam melaksanakan tuntutan dan kewajipan agamanya serta bermoral. Ini akan membentuk dalam dirinya personaliti yang baik, amanah dan seimbang untuk membantunya dalam kerjaya nya serta kebahagiaannya di hari akhirat kelak apabila dia bertemu dengan Maha Penciptanya iaitu Allah SWT. Oleh itu mahasiswa/I UNITAR harus memulakan perubahan daripada sekarang untuk menjadi mahasiswa yang bermoral agar mencapai kecemerlangan dalam ertikata yang sebenarnya.

Sampingan

7 ciri-ciri orang sukses

Ciri-ciri Orang Sukses yang pertama ialah gairah yang menyala.

Gairah adalah gaya batin yang mendorong Anda untuk bertindak. Gairah seringkali dihubungkan dengan masalah seksual, karena gambaran gairah bisa dilihat pada gairah seksual. Bukankan hal yang konyol, seseorang sampai tega memperkosa. Ini akibat suatu gairah yang tidak tertahankan. Jika seandainya gairah bisa kita arahkan ke arah yang positif, maka kita bisa melakukan tindakan-tindakan positif yang luar biasa.

Ciri-ciri Orang Sukses yang kedua adalah kepercayaan yang memberdayakan.

Apa bedanya kepercayaan orang sukses dengan orang yang gagal? Orang gagal memiliki kepercayaan yang membatasi dia untuk bertindak dan berpikir. Kepercayaan memang bisa membatasi tindakan, bahkan berpikir juga. Sementara orang yang sukses memiliki kepercayaan yang memberdayakan. Kepercayaan yang akan membuat dia bertindak dan berpikir besar, sehingga bisa menghasilkan hasil-hasil yang besar.

Ciri-ciri Orang Sukses yang ketiga adalah strategi yang jitu.

Strategi ialah bagaimana kita menempatkan diri kita di dalam lingkungan sehingga akan menguntungkan diri kita. Strategi juga meliputi bagaimana kita mengorganisasikan sumber daya yang ada. Seperti seorang panglima perang, dia bisa mengorganisasikan pasukan, perbekalan, dan persenjataan untuk memenangkan perang. Inilah yang disebut dengan strategi perang.

Ciri-ciri Orang Sukses yang keempat adalah nilai-nilai yang mengarahkan.

Nilai-nilai adalah sistem kepercayaan yang menentukan baik dan buruk, benar dan salah. Nilai-nilai berguna untuk mengarahkan hidup kita, sehingga berjalan dengan mulus dan lancar sehingga memudahkannya untuk mencapai tujuan. Kejelasan nilai-nilai akan membuat hidup Anda begitu efektif karena sesuai dengan hal-hal yang Anda hadapi. Inilah mengapa motivasi Islami muncul, agar kita berjalan meraih sukses disertai nilai-nilai islami.

Ciri-ciri Orang Sukses yang kelima ialah energi yang melimpah.

Seperti sebuah kendaraan, tidak akan bisa bertindak jika tidak memiliki energi yang mencukupi. Oleh karena itu kita harus selalu mempersiapkan energi kita agar bisa tetap bertindak. Namun bukan hanya energi fisik, juga energi intelektual, dan energi spiritual. Semuanya diperlukan.

Ciri-ciri Orang Sukses yang keenam adalah relasi yang harmonis.

Semua orang sukses, selalu dicirikan dengan kemampuan menjalin relasi yang baik dengan orang lain. Orang yang sukses memiliki kemampuan mengembangkan simpati sesama, tidak peduli apa pun latar belakangnya. Rezeki sering datang melalui silaturahim.

Ciri-ciri Orang Sukses yang ketujuh adalah komunikasi yang baik.

yang dimaksudkan bukan hanya cara berkomunikasi dengan sesama, tetapi juga cara berkomunikasi dengan diri sendiri. Berkomunikasi dengan sesama yang baik akan menghasilkan relasi yang harmonis. Sementara komunikasi dengan diri sendiri akan menentukan kualitas hidup kita. eBook Beautiful Mind adalah ebook yang membahas bagaimana cara berkomunikasi dengan diri sendiri yang menghasilkan sukses.

Adakah Anda memiliki ciri-ciri tersebut? Saya yakin Anda sudah memiliki ciri-ciri tersebut. Jika Anda ingin sukses, yang kita perlukan ialah belajar dan melatih diri untuk menyempurnakan ciri-ciri orang sukses melekat pada diri kita. Selamat belajar dan berlatih sampai Anda memiliki ciri-ciri orang sukses.